Manfaat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan

Written by on ,


Anda tahu dengan tanaman yang satu ini? Ciplukan atau kata orang sunda cecenet banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Dari semua struktur tanaman ciplukan tersebut dapat membantu mengobati penyakit yang bisa di kategorikan dalam penyakit berat. Namun banyak orang yang selama ini memandang sebelah mata tanpa mengetahui khasiat obat tradisional tersebut dan hanya merasakan buahnya yang manis saja tanpa mengetahui khasiat mujarab dari batang, daun dan akarnya. Zat bermanfaat dalam tanaman ciplukan terdiri dari : vitamin C , gula, fisalin, tanin, kriptoxantin, polifenol dan steroid terletak pada buahnya, asam palmitat, stearat terletak pada biji buahnya, flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas alkaloid terletak pada akarnya, chlorogenic acid terletak pada batang dan daun.

Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2o yang semua zat- zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh anda.
Jika anda penasaran apa saja khasiat serta manfaat tanaman ciplukan? Simak sajian informasi berikut ini di mulai dari :

Manfaat Akar tanaman ciplukan
 
- Mengobati penyakit diabetes melitus
cara menyajikan tanaman ciplukan sebagai obat tradisional adalah sebagai berikut :

Pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur, cabut tanaman tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan. Sebelum di rebus, ada baiknya diamkan beberapa saat sampai akar ciplukan tersebut menjadi layu. Kemudian rebus akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar benar mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja. Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar. Minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.

Manfaat buah ciplukan

- Mengobati penyakit ayan / epilepsi
Jika anda atau anggota keluarga ada yang mengidap penyakit berbahaya ini, ada baiknya mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 butir setiap harinya. Kandungan pada buah ciplukan dapat membantu mengatasi ayan secara berkala.

- Menurunkan darah tinggi
Khasiat buah ciplukan lainya adalah sebagai obat tradisional yang dapat membantu menurunkan darah tinggi / hipertensi. Cara penyajiannya : ambil buah ciplukan sebanyak 5 gram saja, rebus dengan air sebanyak 110 ml selama kurang lebih 10 sampai 15 menit sambil terus di aduk. Setelah sampai waktu yang di tentukan, saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di ingat adalah janganlah terlalu lama menyimpan karena akan mengurangi bahkan menghilangkan senyawa yang ada.

-Mengobati sakit paru- paru
Khasiat lainya adalah membantu mengobati penyakit paru- paru, namun kali ini bukan hanya buahnya saja melainkan semua struktur pada tanaman mulai dari akar, daun, bunga, batang dan buah direbus sampai mendidih dengan air sebanyak 3 sampai 5 gelas saja. Seperti sebelumnya saring kemudian minum secara rutin 3 X sehari.

Manfaat daun ciplukan

- Mampu melawan kanker
Wow, hal yang sangat luar biasa. Menurut beberapa penelitian kesehatan, steroid pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel- sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan ukuran tumor kanker.

Itulah tadi Khasiat Buah Ciplukan Untuk Obat Tradisional Herbal Mujarab yang perlu anda ketahui. Jadi, secara garis besarnya tanaman ciplukan berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, antihiperglikemi, imunostimulan, imunosupresan , antiinflamasi, analgesik, sitotoksik, antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik, meredakan batuk, menetralkan racun serta mengaktifkan kembali fungsi kelenjar tubuh dan anti tumor.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Tanaman Ciplukan Bagi Kesehatan telah saya bahas, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Sumber : https://www.facebook.com/solusiintim/posts/537441763066915:0

4 komentar:

  1. terimaksih ats informasinya,, sangat bermanffaat sekali gan,,,

    BalasHapus
  2. ia sama-sama gan... terima kasih atas kunjungan nya

    BalasHapus
  3. wah dikampungku bnyak ini

    BalasHapus
  4. thanks info kesehatannya ...
    sangat berguna sekali :-)

    BalasHapus