Cara Budidaya Singkong Gajah Penghasil Rupiah

Written by on ,

Cara Budidaya Singkong Gajah Penghasil Rupiah, judul artikel mengenai bisnis yang menarik bukan? Sebelum kita mengetahui cara tanam dan RAB budidaya singkong gajah, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu asal usul si singkong super besar ini. Singkong gajah adalah varietas unggul temuan Prof. DR. Ristono MS. dari kalimantan timur yang dapat berproduksi hingga 40 kg per pohonnya. Singkong gajah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, namun tidak dapat tumbuh baik di daerah rawa atau yang sering terus menerus tergenang air.

Singkong gajah akan tumbuh baik apabila disekitar tanaman terbebas dari gulma pengganggu atau rumput liar dan tidak ternaungi tanaman lain. Dengan pertumbuhan yang normal, pohon singkong gajah dapat mencapai tinggi 4 - 5 meter. Karena pohonnya tinggi dan besar sebelumnya banyak orang yang mengira kalau singkong gajah ini adalah singkong sambung atau singkong karet. Singkong gajah setelah panen batangnya dapat dijadikan bibit atau ditanam kembali berulang-ulang. Singkong gajah termasuk jenis singkong dengan kadar kandungan pati yang cukup tinggi, sehingga cocok untuk bahan baku tepung tapioka. Singkong gajah juga enak untuk dikonsumsi, tidak pahit dan tidak beracun. Beberapa orang yang sudah pernah mengkonsumsinya menyatakan kalau rasa singkong gajah lebih enak dari pada singkong jenis lain atau singkong lokal. 

Budidaya singkong sangatlah mudah dan hampir semua orang pasti sudah tahu caranya, Berikut ini adalah cara tanam dan RAB Budidaya singkong gajah :

A. Pengolahan Lahan
1.Apabila dilahan yang mau kita tanami banyak ditanami rumput-rumputan, bisa kita semprot dahulu dengan herbisida roundup 100 cc atau tangki 14 liter untuk membasmi rumput sampai ke akar-akarnya.
Biaya per Ha :
2 Botol Roundup x Rp.65.000 = Rp.130.000
3 Orang tenaga kerja x Rp.60.000 = Rp.180.000

Budidaya Singkong Sebenarya Sangat Mudah Dan Saya Yakin Seluruh Petani Sudah Tahu Cara Menanamnya ! Namun Bagi Sebagian Yang Belum Tahu , Berikut Adalah Cara Tanam & RAB Budidaya Singkong Gajah :  
A. Pengolahan Lahan :
1. Apabila Di Lahan Yang Mau Kita Tanami Banyak Di Tumbuhi Rumput - Rumputan , Bisa Kita Semprot Dulu Dengan Herbisida Roundup 100 cc / Tangki 14 Liter Untuk Membasmi Rumput Sampai Ke Akar Akarnya.
Biaya Per Ha :
2 Botol Roundup x Rp.65.000 = Rp.130.000,-
3 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.180.000,-
- See more at: http://www.singkonggajah.com/2014/01/cara-tanam-rab-budidaya-singkong-gajah.html#sthash.NYpSsWg5.dpuf
2.Tunggu sampai 5 hari biar rumputnya mati terlebih dahulu
Selanjutnya pengolahan lahan dapat dilanjutkan  dengan membuat guludan atau bedengan memanjang dengan cara dicangkul atau menggunakan traktor besar, dengan jarak antara bedengan bisa 2 meter. Sebaiknya didalam bedengan diisi pupuk kompos  atau pupuk kandang bila pembuatan bedengan menggunakan cangkul atau pupuk ditebarkan diatasnya bila menggunakan traktor.
Biaya per Ha :
Biaya cangkul Rp.4.000.000 / Ha
Pengadaan pupuk kandang kotoran ayam 300 karung x Rp.8.000 = Rp.2.400.000
Pengolahan lahan menggunakan traktor lebih murah kurang lebih Rp.2.000.000 / Ha

B.Penanaman 
1.Celup beberapa detik bibit ke dalam air yang telah dicampur obat pestisida starban untuk membunuh hama yang barangkali ada menempel dibatang bibit. Bisa juga didalam air ditambahkan pupuk gandasil B.

2.Setelah dicelup bibit singkong bisa langsung ditanam diatas bedengan yang telah dibuat, kalau jarak antar bedengan sekitar 2 meter. Jarak tanam bisa 2 x 1 meter, sehingga populasi tanaman per ha sekitar 5.000 pohon. 
Biaya per Ha :
4 Orang tenaga kerja x Rp.60.000 = Rp.240.000
C.Perawatan dan Pemupukan
1.Setelah tanam, singkong yang baru berumur 1 minggu sudah bisa diberi pupuk NPK Phoska secukupnya.
Biaya per Ha :
2 Karung / 1Kg Pupuk NPK Phoska = Rp.240.000
1 Orang tenaga kerja x Rp.60.000 = Rp.60.000

2.Umur 2 minggu setelah tanam penyemprotan herbisida diuron 80 wp, untuk membunuh kecambah dan biji gulma agar tidak tumbuh. ( Disemprotkan ke tanah, jangan sampai kena daun / tanaman singkong ).
Biaya per Ha :
1 Kg Diuron / 1 Dus = Rp.90.000
3 Orang tenaga kerja x Rp.60.000 = Rp.240.000

3.Pemupukan ke 2 setelah singkong berumur 2 bulan dengan Pupuk NPK Phoska secukupnya.
Biaya per Ha :
4 Karung / 200 Kg  Pupuk NPK Phoska = Rp.480.000
2 Orang tenaga kerja x Rp.60.000 = Rp.120.000
4.Pemupukan ke 3 bisa diulang setelah singkong berumur 4 bulan dengan Pupuk NPK Phoska secukupnya. 
Biaya per Ha :
8 Karung / 400 Kg Pupuk NPK Phoska = Rp.960.000
4 Orang tenaga kerja x Rp.60.000 = Rp.240.000
  
Sampai disini per umur 4 bulanan pemupukan dan perawatan singkong gajah sampai panen tiba sudah tidak ada lagi. Jadi kalau saya hitung biaya penanaman dan perawatan singkong gajah sampai panen dikisaran Rp.7.380.000 jika pengolahan lahan menggunakan traktor, sedangkan biaya sampai dengan Rp.9.380.000 jika pengolahan lahan menggunakan cangkul. Biaya tersebut diatas belum termasuk lahan tanah dan bibit, karena saya anggap tanah adalah milik sendiri dan bibit tidak beli. Waktu tanam yang baik adalah awal musim penghujan dan pertengahan musim penghujan.
D.Panen Singkong Gajah
Singkong gajah dapat dipanen mulai umur 9 - 12 bulan. Panen singkong gajah bisa dilakukan kalau ada order bibit, jadi bisa menjual singkong dan bibitnya sekaligus. Jadi waktu panen pun tidak menentu. Singkong gajah menjadi favorit pedagang pengepul makanan tape dan opak karena teksturnya yang lembut dan rasanya lebih enak. Namun kalau panen skala besar pedagang pengepul makanan tape dan opak tidak mampu menampungnya, karena rata-rata per hari mereka hanya menghabiskan bahan baku singkong sekitar 3 ton saja. Meskipun kapasitasnya kecil menjual ke pedagang pengepul makanan lebih menguntungkan ketimbang menjual ke pabrik gaplek atau tepung tapioka karena selisih harga jualnya cukup tinggi yang mencapai 200 - 300 rupiah per kg nya. Di kalimantan harga per kg singkong gajah di kisaran antara 800 - 1500 rupiah, kalau saja dalam 1 kali panen bisa menghasilkan 50 Ton singkong gajah maka : 1 Kg harga singkong gajah misal Rp.1500 x 50 Ton = Rp.75.000.000 yang dihasilkan. Mengenai harga tergantung daeah masing-masing karena harga setiap bulan bisa berubah-ubah dan tidak menentu. 

Demikianlah artikel yang memuat Cara Budidaya Singkong Gajah Penghasil Rupiah telah saya paparkan, semoga bermanfaat untuk anda pembaca setia koran online.

23 komentar:

  1. Mksh gan info budidaya nya sngt bermanfaat

    BalasHapus
  2. bisa beli bibitnya pak?

    BalasHapus
  3. Cara mendapatkan bibitnya bagaimana Pak?

    BalasHapus
  4. MAKASIH gan INFO BISNIS nya :-)

    BalasHapus
  5. thanks gan info bisnis nya... :-)

    BalasHapus
  6. Tolong di kasih info,dmana kira2 bibitnya yg gmpng di cari

    BalasHapus
  7. Pesan bibitnya pak.ada kontak yg bisa dhubungi?

    BalasHapus
  8. Pesan bibitnya pak.ada kontak yg bisa dhubungi?

    BalasHapus
  9. blh nih di coba usaha nya ..

    BalasHapus
  10. maaf pak sy masih awam,,istilah per Ha itu mgsud nya per hektar?? dan dlam sekali panen dpat 50 ton itu untuk berapa luas tanah nya pak??

    BalasHapus
  11. mantablah buat yang mau budidaya uang silahkan kunjungi http://bonusfb.faa.im

    BalasHapus
  12. Tentukan pilihan jalan hidupmu
    mulai sekarang juga
    di bawah ini
    di http://kayahati.faa.im/pilihlah-hobimu-online-atau-offline.xhtml
    Ayo bagikan agar semua bisa milih hidup lebih hidup

    BalasHapus
  13. saya pgn usaha budidaya singkong jenis ini, karena peluang nya msh sangat besar utk bs sukses.

    BalasHapus
  14. artikel yg bagus
    kunjungi jg blog saya http://bisnisbudidayakroto.blogspot.com

    BalasHapus
  15. good bussines ¥eah

    BalasHapus
  16. Bagi yang membutuhkan bibit singkong gajah saya menyediakan bibit dengan kualitas terbaik dan dalam jumlahnyang besar..
    Berminat silahkan hubungi saya di no. 085347505010

    BalasHapus
  17. Info menarik dan bermanfaat. Saat ini perhiasan nama, seperti kalung nama, gelang nama, dan cincin nama sedang menjadi trend baru di kalangan remaja. Jika Anda tertarik ingin membuat Kalung Nama, Gelang Nama, dan Kalung Nama, silakan KLIK DISINI>>Perhiasan Nama.
    http://goo.gl/XtamdX
    http://goo.gl/hCwJMr
    http://goo.gl/WUTtUf
    http://goo.gl/Q3Elx6
    http://goo.gl/H2qKpB

    BalasHapus
  18. Cara mendapatkan bibitnya gimana pak?

    BalasHapus
  19. Untuk mendapatkan bibit,gimana caranya pak?ada nomer kontak yang bisa dihubungi?

    BalasHapus
  20. mas hery hermawan silahkan hub sdr. ariansyah jepy 085347505010 utk memesan bibit singkong gajah!

    BalasHapus