Sehatkah Makan Telur Setiap Hari?...

Written by on ,

Sebagai makanan yang mengandung protein tinggi, banyak orang yang beranggapan memakan telur setiap hari baik untuk kesehatan. Benarkah demikian? 
Mengingat ada anggapan jika terlalu banyak mengkonsumsi telur dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol darah. Lalu berapa banyak porsi telur dalam sehari sebaiknya dikonsumsi oleh seseorang?

Satu butir telur memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yakni sekitar 200 ml kolesterol. Di sisi lain, tubuh anda hanya memerlukan asupan tidak lebih dari 350 ml kolesterol dalam sehari yang bisa didapatkan dari sumber makanan lain selain telur.

Sejumlah penelitian seperti dilansir Boldsky Jumat 10 Oktober 2014, menunjukkan seorang penderita jantung koroner tidak ada kaitannya dengan mengkonsumsi sejumlah porsi tertentu telur setiap hari. Bahkan telur memiliki kandungan kolesterol baik yang dapat mengimbangi jumlah kolesterol jahat dalam aliran darah.

Untuk mendapatkan dosis yang tepat, kandungan protein dan zat besi dalam sebutir telur dapat menjadi salah satu sumber makanan bergizi lengkap. Menurut para ahli, anda yang tidak memiliki keluhan kolesterol atau darah tinggi dapat mengkonsumsi 6-7 butir telur dalam satu minggu atau satu butir per hari.

Namun bila anda yang memiliki masalah jantung dan keluhan kolesterol, sebaiknya batasi konsumsi telur maksimal 4 butir dalam seminggu. Proses memasak telur juga mempengaruhi jumlah konsumsi yang dianjurkan.

Telur dadar atau telur yang dimasak dengan digoreng tidak baik untuk kesehatan jantung, jadi sebaiknya olahlah telur dengan cara direbus. Selain lebih sehat, telur rebus juga bisa dimakan setiap hari karena rendah kandungan kalori atau lemak trans.

Sumber : Dream.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar