Perbanyak Santap Ikan Bisa Mengatasi Masalah Pendengaran

Written by on ,
 
Sebuah studi terbaru menunjukkan adanya kaitan antara kebiasaan mengkonsumsi ikan dengan penurunan kualitas pendengaran. Risiko gangguan pendengaran pada kaum perempuan salah satunya dipengaruhi oleh pola konsumsi ikan dalam menu sehari-hari.
 
Tim peneliti dari Brigham and Women's Hospital di Boston menemukan perempuan yang mengkonsumsi minimal dua porsi ikan dan makanan yang mengandung omega 3 setiap minggunya, memiliki risiko lebih rendah menderita gangguan pendengaran. Kandungan asam lemak tak jenuh ganda pada ikan yang berpengaruh besar dalam menjaga kualitas pendengaran seseorang.


Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini telah dilakukan sejak 1991 hingga 2009. Dalam penelitian ini, para ahli melibatkan lebih dari 65 ribu perempuan dengan lebih dari 11.600 subjek peneliti mengaku mengalami penurunan kualitas pendengaran.


Dalam penelitian ini kemudian diketahui, perempuan yang makan dua porsi atau lebih ikan dalam seminggu memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami gangguan pendengaran. Dibandingkan dengan mereka yang jarang makan ikan. Lebih khusus, makanan yang didominasi kandungan omega 3 (umumnya ditemukan dalam makanan laut) memiliki kaitan dengan risiko yang lebih rendah dalam masalah gangguan pendengaran.


"Meskipun penurunan pendengaran sering dianggap sebagai aspek yang tak terelakkan dari faktor penuaan, identifikasi beberapa faktor risiko berpotensi dimodifikasi telah memberikan wawasan baru sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan atau penundaan gangguan pendengaran yang salah satunya diperoleh dari makanan mengandung omega 3," kata Dr Sharon Curhan, dari Division of Network Medicine seperti dikutip laman Everyday Health.
( Gambar Ikan Tuna )
Lalu jenis ikan apa yang sebaiknya banyak dikonsumsi untuk menjaga kualitas pendengaran anda? Dr. Sharon menyebut berbagai jenis ikan laut sebenarnya baik untuk menjaga kualitas pendengaran anda, namun ikan jenis tuna merupakan salah satu jenis yang terbaik.
Sumber : Dream.co.id

2 komentar: