Inilah Penyedap Rasa Alternatif Pengganti "Si Maut" Vetsin

Written by on ,
Selain tidak membahayakan kesehatan, bahan penyedap alami pengganti vetsin ini tetap bisa memberikan citarasa yang lezat. Apa saja bahan alternatif penyedap masakan tersebut?

Meskipun sudah banyak yang mengetahui bahaya penggunaan vetsin atau mecin atau monosodium glutamate (MSG), buktinya tidak sedikit yang tetap menggunakannya sebagai bahan memasak. Selain dapat menyebabkan adiktif, tidak jarang orang merasa kruang percaya diri jika memasak tanpa penyedap rasa itu.
 
Tidak ada salahnya bagi anda mencoba mengurangi penggunaan MSG sedikit demi sedikit. Sebagai gantinya, anda bisa memanfaatkan bahan penyedap alternatif pengganti vetsin seperti berikut ini.


Bawang putih
Aroma dan rasanya yang tajam menjadikan bawang putih sebagai alternatif terbaik pengganti MSG. Sebagai penyedap masakan, anda dapat mencincang kasar, cincang halus, hingga diblender kemudian ditumis hingga harum dan berwarna kecoklatan.


Ebi kering, udang atau teri
Penggunaan hasil laut seperti ebi kering, udang atau teri dapat memberikan rasa yang lebih gurih secara alami. Selain kandungan protein alaminya, hasil laut ini dapat memberikan citarasa yang lebih baik dibandingkan MSG. Sebelumnya goreng terlebih dahulu ebi, udang atau teri kemudian campurkan dengan bumbu masakan lainnya.


Kaldu alami
Tulang ayam, sapi, ikan, atau seafood yang direbus dan diberi garam, daun bawang dan bawang putih dapat menjadi kaldu alami yang memiliki citarasa lebih baik. Rebus hingga kaldu dari tulang atau kulit seafood keluar dengan api kecil, air sisa rebusan kaldu dapat dipakai sebagai campuran masakan.


Bubuk-bubukan
Perpaduan gula, garam dan merica sebagai bumbu dasar sebenarnya sudah cukup memberi rasa pada masakan. Namun bubuk rempah-rempah lain seperti pala, ketumbar, kunyit, jintan, kayu manis, cengkeh, paprika dan yang lainnya juga bisa semakin melezatkan masakan. Pastikan anda bisa menggunakan takaran garam dan gula dengan baik agar terhindar dari penyakit darah tinggi atau diabetes.

Sumber : Dream.co.id

1 komentar: